IMG_2517.JPG

TATA TERTIB

Tata tertib adalah peraturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan, apabila dilanggar mendapatkan sangsi (hukuman). Peraturan adalah patokan yang dibuat untuk membatasi tingkah laku seseorang dalam suatu lingkup/organisasi tertentu yang jika dilanggar akan dikenakan hukuman/ sangsi.

Tata tertib sekolah adalah aturan atau peraturan yang baik dan merupakan hasil pelaksanaan yang konsisten (taat azas) dari peraturan yang ada. Tata tertib adalah kumpulan aturan-aturan yang dibuat secara tertulis dan mengikat anggota masyarakat. Aturan-aturan ketertiban dalam keteraturan terhadap tata tertib sekolah, meliputi kewajiban, keharusan dan larangan-larangan.

TUJUAN

Tata tertib sekolah dibuat secara resmi oleh pihak yang berwenang dengan melihat berbagai macam pertimbangan yang sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan sekolah tersebut. Tata tertib sekolah memuat hal-hal yang diwajibkan maupun hal-hal yang dilarang untuk siswa selama mereka berada di lingkungan sekolah dan apabila ternyata terjadi pelanggaran tata tertib yang dilakukan oleh peserta didik maupun warga sekolah, maka pihak sekolah memeliki kewenangan untuk memberikan sangsi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Tata tertib sekolah dibentuk untuk mengatur kegiatan sekolah sehingga tercipta suasana tata kehidupan sekolah yang santun dan sehat yang nantinya akan menjamin kelancaran proses belajar mengajar. Adapun tujuan tata tertib sekolah adalah: 

1. Untuk menciptakan suasana yang aman dan tentram bagi seluruh warga sekolah

2. Menciptakan suasana yang bersih dan sehat bagi seluruh warga sekolah

3. Menciptakan suatu kondisi yang teratur yang mencerminkan keserasian, keselarasan serta keseimbangan baik pada tata ruang, tata kerja, tata pergaulan dan lain sebagainya di lingkungan sekolah

4. Menciptakan lingkungan yang baik sehingga tercipta keindahan yang bisa dirasakan oleh seluruh warga sekolah

5. Untuk membina tata hubungan yang baik diantara para peserta didik, guru dan warga sekolah lainnya yang mencerminkan sikap dan rasa gotong royong, keterbukaan, saling membantu, saling menghormati dan saling tenggang rasa..