Profil
PELITA NUSANTARA

SMA Pelita Nusantara dengan sistem berlesensi cambridge, memberi edukasi secara akademis dan non-akademis, bersama dengan keterampilan hidup yang penting dalam mengembangkan kecerdasan ganda siswa melalui program membangun kepemimpinan dari Leader in Me, 7 Habits, Steven Covey, USA. Kami juga memperkaya pengalaman belajar mereka dengan Fun Hour Program setiap Jumat (PG, KG dan Primer), Field Trips dan School Immersions untuk semua tingkatan. Memperkaya siswa dengan keterampilan yang mereka miliki, sehingga melahirkan siswa berkualitas tidak hanya berprestasi di bidang akademik. 

pelnusArtboard 1.png

"A Homey School For Future Leaders"

VISI 

" Membentuk Karakter Disiplin, Ahklak Mulia, Jujur dalam Tugas, Unggul & Berprestasi "

MISI

Untuk mewujudkan Visi Sekolah, SMA Pelita Nusantara Bandung, merumuskan beberapa Misi sekolah sebagai berikut :

  1. Menanamkan keimanan dan ketataqwaam kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pengalaman ajaran agama.

  2. Menanamkan kesetiaan terhadap Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila & UUD 1945.

  3. Menyiapkan kader pemimpin bangsa yang berkualitas, berkarakter, dan berbudaya disiplin.

  4. Menyiapkan lulusan yang memiliki penguasaan aspek akademik, berkepribadian, ketarunaan & kesempatan jasmani.

  5. Menyiapkan lulusan yang mewakili karakter pemimpin yang berwawasan Pancasila, UUD 1945, NKRI, & Bhineka Tunggal Ika

M. Syaiful S Dikki, Sp.d

Sebagai abdi masyarakat  mari kita senantiasa mengedepankan layanan kita dengan tema : “Tumbuh dan berkembang melawan tantangan”. Dengan tema ini diharapkan mampu membentuk para peserta didik  memiliki mental, karakter yang memiliki Kejujuran, Pemimpin, Kepercayaan, Keberanian, Kesabaran dengan selalu berpikir kreatif dan inovatif. 
 

Perlu diketahui untuk merencanakan dan melakukan  terobosan atau ide yang kreatif dan inovatif maka kita semua perlu sebuah referensi, tantangan, dan hasil penelitian (science) sebagai landasan untuk melakukan dan mewujudkan itu semua, maka kami semua akan selulu belajar dan belajar menjadi manusia unggul. Saya sering katakan bahwa manusia didunia ini tidak ada yang pintar atau bodoh yang ada adalah lebih tahu duluan dan memahaminya atau belum tahu, artinya kita harus menjadi manusia terdepan tentang perkembangan dalam ilmu pengetahuan terbaru atau malahan kitalah yang melakukan penelitiannya.

Era globalisasi saat ini akan menuntut semua manusia tampil dengan karakter seorang pemenang, karena dengan adanya globalisasi semua informasi baik positif maupun negatif ada dalam genggaman kita semua hanya orang orang yang memiliki mental tumbuh dan berkembang akan memilih dan memilah mana yang akan di dipelajari, dipahami dan mahirkan sebagai bekal dia menghadapi tantangan masa depan. Kita harus memiliki mental petualang, mencari dan mencari terobosan terbaru sehingga kita mampu menjadi manusia unggul.
 

SMA Taruna Pelita Nusantara memiliki sistem pembelajaran dengan mengunakan metode ketarunaan. Mengapa ketarunaan karena Ketarunaan adalah sistem pendidikan di beberapa Perguruan Tinggi, SMA, SMK. Ketarunaan memiliki arti sebagai sistem pendidikan yang menerapkan prinsip-prinsip militer yang bertujuan untuk Membentuk Karakter dan itupun sudah terbukti hasilnya. Tentu saja prinsip militer yang diterapkan bukanlah militer murni, karena sebagian besar lulusan Perguruan Tinggi, SMA, dan SMK ditujukan untuk pegawai di lingkungan sipil, Perusahaan, Milliter, dan Dunia Wirausaha. “ dasar dari manusia unggul adalah manusia yang memiliki karakter disiplin” .
 

Pelaksanaan pembinaan ketarunaan merupakan salah satu strategi dalam membentuk nilai-nilai karakter peserta didik. Pelaksanaan pembinaan ketarunaan untuk mempersiapkan dan pembiasaan peserta didik untuk memenuhi standar dunia usaha/industri yaitu :

1. Pembinaan fisik

2. Pembinaan mental (karakter & keagamaan)

3. Kedisiplinan serta tanggung jawab

4. Pendewasaan peserta didik dalam berpikir

5. Bersikap dan bertindak

6. Menciptakan rasa cinta tanah air dan jiwa patriotisme 

7. Membentuk peserta didik yang mempunyai daya saing kuat 

8. Pembentukan sumber daya manusia selalu berpikir kreatif dan inovatif. 

 

Metode yang dapat diterapkan dalam pembinaan ketarunaan di SMK dapat meliputi : 

1. Instruktif 

2. Edukatif 

3. Persuasif 

4. Pemberian penghargaan 

5. Pemberian sangsi 

6. Bimbingan dan penyuluhan 

7. Analisais dan evaluasi

 

Dengan menerapkan minimal metode tersebut diharapkan peserta didik termotivasi dalam mengikuti pelaksanaan pembinaan peserta didik dan tidak merasa tertekan atau terpaksa.

 

Semoga dengan kesadaran bersama untuk membangun sinergi antara orang tua dan sekolah serta masyarakat, anak-anak bisa bertumbuh dan berkembang maksimal sesuai dengan bakat dan talenta masing-masing. Kita akan tetap terus bekerja sama mengembangkan kebersamaan demi tumbuh kembang Taruna/i. Sekolah membuka lebar pintu kerjasama dan komunikasi demi cita-cita kita bersama dalam mencerdasakan bangsa. Pegang teguhlah etika dan akhlak yang luhur. Jangan sampai kalian terseret oleh arus budaya yang merusak nilai-nilai moral dan etika yang dijunjung tinggi oleh agama kita.

 

Akhir kata,  semoga Allah Subhanau wa ta’ala senantiasa membimbing dan memberkati perjalanan kalian semua. Amin!

ee674168-7d9c-4b8a-a9e2-7781a4f9e1b0.jfif

Sambutan Kepala Sekolah

Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh, Salam Sejahtera, Om Swastyastu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan.... untuk kita semua
Alhamdulillahi rabbil 'alamin, wash shalatu was salamu 'alaa asyrafil anbiyai wal mursalin, wa 'ala aalihi wa ash-habihi ajma'in, amma ba'du.
Yang terhormat para, Orang tua Taruna/i, dewan guru,  serta Taruna & Taruni anak-anakku sekalian yang saya cintai dan saya banggakan.
Untuk Bapak Ibu Guru, marilah kita senantiasa untuk memberikan inovasi pembelajaran kepada para peserta didik, selalu mencari terobosan inovasi yang kreatif untuk memberikan layanan yang terbaik kepada para Taruna/i khususnya dan masyarakat pada umumnya.

Para Guru & Staff